PEMRIKSAAN PENYAKIT TIDAK MENULAR POSYANDU LANSIA DUSUN 06

23 April 2024
DIAS BAYU DANUARTA
Dibaca 21 Kali
PEMRIKSAAN PENYAKIT TIDAK MENULAR POSYANDU LANSIA DUSUN 06

Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular di Posyandu Lansia Dusun 06 Pekon Gadingrejo: Upaya Perlindungan Kesehatan Lansia

Posyandu Lansia di Dusun 06 Pekon Gadingrejo telah menjadi pilar utama dalam upaya perlindungan kesehatan para lansia di wilayah tersebut. Melalui kegiatan rutin yang dilaksanakan di Posyandu, para lansia mendapatkan akses mudah untuk melakukan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM), suatu langkah yang penting dalam menjaga kesehatan mereka.

Mengapa Pemeriksaan PTM Penting?

Penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan kanker adalah penyebab utama kecacatan dan kematian di kalangan lansia. Namun, dengan deteksi dini dan intervensi yang tepat, dampak buruk dari penyakit-penyakit ini dapat diminimalkan. Oleh karena itu, pemeriksaan PTM secara rutin menjadi krusial dalam menunjang kesehatan lansia.

Langkah-langkah dalam Pemeriksaan PTM di Posyandu Lansia

  1. Sosialisasi dan Edukasi: Sebelum pemeriksaan dilakukan, para lansia dan keluarganya diberikan informasi mengenai pentingnya pemeriksaan PTM dan cara-cara untuk mencegah penyakit tidak menular.

  2. Pemeriksaan Kesehatan Rutin: Posyandu Lansia mengadakan sesi pemeriksaan kesehatan rutin setiap bulan. Para lansia menjalani pengukuran tekanan darah, gula darah, dan parameter kesehatan lainnya yang relevan.

  3. Konseling dan Penyuluhan: Lansia yang ditemukan memiliki faktor risiko atau gejala penyakit diberikan konseling oleh petugas kesehatan tentang pola hidup sehat, diet yang seimbang, serta pentingnya berolahraga secara teratur.

  4. Rujukan dan Tindak Lanjut: Jika ditemukan kasus yang memerlukan perhatian medis lebih lanjut, Posyandu Lansia memberikan rujukan kepada puskesmas terdekat. Mereka juga melakukan tindak lanjut untuk memastikan bahwa lansia mendapatkan perawatan yang tepat.

Tantangan dan Harapan

Meskipun Posyandu Lansia Dusun 06 Pekon Gadingrejo telah melakukan upaya maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada lansia, mereka juga menghadapi berbagai tantangan. Kurangnya sumber daya, kesadaran masyarakat yang rendah, dan aksesibilitas terhadap layanan kesehatan masih menjadi masalah yang perlu diatasi.

Namun demikian, dengan kerja keras dan kerjasama antara masyarakat dan pihak terkait, Posyandu Lansia di Dusun 06 Pekon Gadingrejo berharap dapat terus menjadi sumber daya yang berharga dalam meningkatkan kualitas hidup para lansia serta menjaga kesehatan mereka dengan lebih baik.