PEMBERIAN MAKANA TAMBAHAN BALITA SALUR 3 POSYANDU MAWAR DUSUN 05, DESA GADINGREJO

07 Juni 2024
DIAS BAYU DANUARTA
Dibaca 16 Kali
PEMBERIAN MAKANA TAMBAHAN BALITA SALUR 3 POSYANDU MAWAR DUSUN 05, DESA GADINGREJO
 
 

Pemberian Makanan Tambahan Balita di Posyandu Mawar Dusun 05

Pada tanggal 6 Juni 2024, Posyandu Mawar Dusun 05 mengadakan acara pemberian makanan tambahan untuk balita dalam rangka program Salur 3. Acara ini didampingi oleh Bapak Sariman, Kepala Desa Gadingrejo, serta Ibu Asih selaku Kasi Pelayanan dan para kader posyandu yang bersemangat membantu masyarakat dalam meningkatkan kesehatan anak-anak di dusun ini.

Latar Belakang Program

Program Salur 3 merupakan inisiatif pemerintah untuk menekan angka kekurangan gizi pada balita dan memastikan anak-anak mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk tumbuh kembang yang optimal. Posyandu Mawar sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak di Dusun 05, secara rutin mengadakan pemberian makanan tambahan untuk mendukung tujuan ini.

Pelaksanaan Acara

Acara dimulai pada pukul 09.00 pagi, diawali dengan sambutan dari Bapak Sariman yang menekankan pentingnya pemberian makanan tambahan bagi balita. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, "Kesehatan anak-anak kita adalah investasi terbesar untuk masa depan desa. Melalui program ini, kita berharap bisa memberikan asupan gizi yang baik bagi anak-anak sehingga mereka dapat tumbuh sehat dan cerdas."

Ibu Asih sebagai Kasi Pelayanan juga turut memberikan penjelasan mengenai manfaat dari setiap makanan tambahan yang diberikan. "Makanan tambahan yang kami berikan hari ini terdiri dari bubur kacang hijau, telur puyuh, dan susu. Bubur kacang hijau kaya akan protein nabati dan serat, telur puyuh mengandung protein hewani dan zat besi yang tinggi, sementara susu memberikan kalsium dan vitamin D untuk pertumbuhan tulang," jelas Ibu Asih.

Makanan Tambahan yang Diberikan

Setiap anak yang datang ke posyandu mendapatkan satu kotak makan yang berisi:

  1. Bubur Kacang Hijau: Bubur kacang hijau dipilih karena mudah dicerna dan memiliki kandungan protein serta serat yang tinggi. Bubur ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan balita.

  2. Telur Puyuh: Telur puyuh adalah sumber protein hewani yang sangat baik dan mengandung zat besi yang penting untuk perkembangan otak dan tubuh anak. Telur ini juga kaya akan vitamin B12 yang penting untuk pembentukan sel darah merah.

  3. Susu: Susu adalah sumber kalsium yang sangat baik untuk perkembangan tulang dan gigi balita. Selain itu, susu juga mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dengan lebih efektif.

Para ibu membawa anak-anak mereka dengan penuh semangat dan berterima kasih atas perhatian dari pemerintah desa dan para kader posyandu. Salah satu warga, Ibu Lina, menyatakan, "Kami sangat terbantu dengan adanya program ini. Anak saya jadi lebih suka makan dan berat badannya mulai naik setelah rutin mendapatkan makanan tambahan dari posyandu."

Kegiatan pemberian makanan tambahan ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi balita, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi seimbang bagi pertumbuhan anak. Dengan dukungan dari Kepala Desa, Kasi Pelayanan, dan para kader posyandu, diharapkan program ini dapat terus berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Dusun 05.

Semoga dengan adanya program seperti ini, kesehatan anak-anak di Desa Gadingrejo semakin baik dan mampu mencetak generasi yang sehat, cerdas, dan berkualitas.