KUNJUNGAN KADIS KETAHANAN PANGAN KABUPATEN PRINGSEWU TERKAIT MONITORING PENYALURAN CBP

30 Mei 2024
DIAS BAYU DANUARTA
Dibaca 23 Kali
KUNJUNGAN KADIS KETAHANAN PANGAN KABUPATEN PRINGSEWU TERKAIT MONITORING PENYALURAN CBP

Kunjungan Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu di Pekon Gadingrejo Terkait Monitoring Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP)

Pada tanggal 30 Mei 2024, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu, Bapak Hendrid, S.E., melakukan kunjungan kerja ke Pekon Gadingrejo. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan monitoring terhadap penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di wilayah tersebut.

Dalam kunjungannya, Bapak Hendrid, S.E. diterima oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Pekon Gadingrejo, Bapak Fadil Wirandi, S.T., yang mewakili Kepala Pekon, Bapak Sariman. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Fadil Wirandi menyampaikan bahwa penyaluran CBP sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam menjamin ketersediaan pangan dan meringankan beban warga yang membutuhkan.

Latar Belakang Cadangan Beras Pemerintah (CBP)

Cadangan Beras Pemerintah (CBP) merupakan salah satu program strategis yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk menjamin ketersediaan pangan di tengah masyarakat, khususnya dalam situasi darurat atau kondisi tertentu yang memerlukan intervensi pemerintah. CBP bertujuan untuk mengatasi masalah ketahanan pangan dan memberikan bantuan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Manfaat Penyaluran CBP di Pekon Gadingrejo

Dalam penyampaian manfaat CBP, Bapak Fadil Wirandi menjelaskan bahwa program ini sangat membantu masyarakat Pekon Gadingrejo dalam beberapa hal, antara lain:

  1. Menjamin Ketersediaan Pangan: Dengan adanya CBP, masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan pangan, terutama di masa-masa sulit seperti bencana alam atau kondisi darurat lainnya.

  2. Meringankan Beban Ekonomi: CBP memberikan bantuan beras kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga dapat mengurangi pengeluaran mereka untuk membeli bahan pangan pokok.

  3. Meningkatkan Ketahanan Pangan Lokal: Program ini juga membantu memperkuat ketahanan pangan di tingkat desa dengan memastikan bahwa semua warga memiliki akses yang cukup terhadap pangan berkualitas.

Pelaksanaan Monitoring

Bapak Hendrid, S.E. dalam kunjungannya melakukan beberapa kegiatan monitoring, antara lain:

  • Memeriksa Proses Distribusi: Meninjau bagaimana proses penyaluran beras dilakukan mulai dari penyimpanan hingga distribusi kepada masyarakat.

  • Evaluasi dan Perbaikan: Berdasarkan hasil monitoring, Bapak Hendrid akan memberikan rekomendasi dan evaluasi kepada pihak terkait untuk meningkatkan efektivitas program CBP di masa mendatang.

Harapan dan Rencana ke Depan

Di akhir kunjungan, Bapak Hendrid, S.E. menyampaikan harapannya agar program CBP terus berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat. Beliau juga berkomitmen untuk melakukan monitoring secara berkala dan bekerja sama dengan pemerintah desa untuk memastikan bahwa setiap warga yang membutuhkan dapat menerima bantuan tepat waktu dan tepat sasaran.

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara pemerintah kabupaten dan desa dalam upaya menjaga ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat di Pekon Gadingrejo. Dengan demikian, program CBP tidak hanya menjadi solusi sementara, tetapi juga langkah strategis dalam menjaga stabilitas pangan di daerah.